Apa Itu Endemi dan Bedanya dengan「Weide Sports」 Pandemi? Pakar Sebut Covid

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Bet365 saluran

JWWeide Sportseide Sportsadi, perWeide SportsBedaaWeide SportsWeide Sportsn antara epidemi dan pandemi bukanlah pada tingkat keparahan penyakitnya, tetapi sejauh mana penyebarannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Penting untuk dicatat bahwa epidemi atau penyakit yang telah menjadi endemi, yang pernah diumumkan pun dapat berkembang statusnya menjadi pandemi.

Jangkauan geografis yang luas inilah yang membuat pandemi penyakit dapat menyebabkan gangguan sosial berskala besar, kerugian ekonomi, dan kesulitan umum.

Dinyatakan sebagai pandemi, virus tidak ada hubungannya dengan virologi, kekebalan populasi, atau keparahan penyakit. Ini berarti virus mencakup wilayah yang luas, yang mempengaruhi beberapa negara dan populasi.

WHO mendefinisikan pandemi, epidemi, dan endemi atau endemi berdasarkan tingkat penyebaran penyakit.

Seperti diberitakan Kompas.com, (1/3/2021), WHO mengungkapkan bahwa penyakit Coronavirus Disease atau Covid-19 kelak akan menjadi endemik.

Sama seperti penyakit-penyakit lain yang dulu pernah menjadi pandemi, sekarang statusnya berubah menjadi endemi.

Kendati epidemi itu besar, penyebarannya juga umumnya terkendali atau diharapkan, sementara pandemi bersifat internasional dan di luar kendali.

Baca juga: Kondisi Pandemi Covid-19 di Indonesia Mengkhawatirkan, Ini 5 Rekomendasi Organisasi Profesi Dokter

Baca juga: Ilmuwan Sebut Pandemi Covid-19 Kemungkinan Membunuh Dua Jenis Virus Flu Musiman

Artinya, pandemi suatu penyakit ini menunjukkan tingkat pertumbuhan penularan atau penyebaran yang meroket, dan setiap hari kasus tumbuh lebih dari hari sebelumnya.

Pandemi penyakit akan melintasi batas-batas internasional, yang bertentangan dengan epidemi regional.